Proyek 2D atau 3D

Unity sama-sama cocok untuk membuat game 2D dan 3D. Saat Anda membuat proyek baru di Unity, Anda memiliki pilihan untuk memulai dalam mode 2D atau 3D. Anda mungkin sudah tahu apa yang ingin Anda bangun , tetapi ada beberapa poin halus yang dapat memengaruhi mode mana yang Anda pilih.
Pilihan antara memulai dalam mode 2D atau 3D menentukan beberapa pengaturan untuk Editor Kesatuan, seperti apakah gambar diimpor sebagai tekstur atau sprite . Anda dapat bertukar antara mode 2D atau 3D kapan saja terlepas dari mode yang Anda atur saat membuat proyek (lihat Pengaturan Mode 2D dan 3D ). Berikut beberapa panduan yang akan membantu Anda memilih.

3D penuh

Beberapa adegan 3D dari proyek sampel Unitys di Toko Aset
Beberapa adegan 3D dari proyek sampel Unity di Asset Store
Permainan 3D biasanya menggunakan geometri tiga dimensi, dengan Material dan Tekstur yang diberikan di permukaan GameObjectsuntuk membuatnya tampak sebagai lingkungan, karakter, dan benda padat yang membentuk dunia permainan Anda. Kamera dapat bergerak di dalam dan sekitar Adegan secara bebas, dengan cahaya dan bayangan di seluruh dunia dengan cara yang realistis. Game 3D biasanya membuatScenemenggunakan perspektif, sehingga objek tampak lebih besar di layar saat mereka mendekat ke kamera. Untuk semua game yang sesuai dengan deskripsi ini, mulailah dalammode3D.

3D ortografi

Beberapa game 3D menggunakan tampilan Orthographic
Beberapa game 3D menggunakan tampilan Orthographic
Terkadang permainan menggunakan geometri 3D, tetapi gunakan kamera ortografi bukan perspektif. Ini adalah teknik umum yang digunakan dalam gim yang memberi Anda pandangan luas tentang aksi, dan kadang-kadang disebut “2.5D”. Jika Anda membuat game seperti ini, Anda juga harus menggunakan Editor dalam mode 3D , karena meskipun tidak ada perspektif , Anda masih akan bekerja dengan model 3D dan Aset . Anda harus mengganti Kamera danTampilan Adegan untuk Orthographic sekalipun.
Adegan di atas dari Synty Studios dan BITGEM .

2D penuh

Beberapa contoh jenis game 2D tipikal
Beberapa contoh jenis game 2D tipikal
Banyak permainan 2D menggunakan grafik datar, kadang-kadang disebut sprite, yang tidak memiliki geometri tiga dimensi sama sekali. Mereka tertarik ke layar sebagai gambar datar, dan kamera permainan tidak memiliki perspektif. Untuk jenis permainan ini, Anda harus memulai editor dalam mode 2D .

Gameplay 2D dengan grafis 3D

Game gulir samping dengan gim 2D, tetapi grafis 3d
Game gulir samping dengan gim 2D, tetapi grafis 3d
Beberapa game 2D menggunakan geometri 3D untuk lingkungan dan karakter, tetapi membatasi alur permainan ke dua dimensi. Sebagai contoh, kamera mungkin menunjukkan pandangan sisi-bergulir, dan pemain hanya bisa bergerak dalam dua dimensi, tetapi permainan itu sendiri masih menggunakan model 3D untuk rintangan dan perspektif 3D untuk kamera. Untuk game-game ini, efek 3D dapat melayani tujuan gaya daripada fungsional. Jenis permainan ini juga kadang-kadang disebut sebagai "2.5D". Meskipun gim ini 2D, Anda kebanyakan memanipulasi model 3D untuk membuat gim, jadi Anda harus memulai editor dalam mode 3D .

Gameplay 2D dan grafis, dengan kamera perspektif

Sebuah permainan gaya teater kardus 2D, memberikan efek gerakan paralaks
Sebuah gaya permainan 2D "kardus teater", memberikan efek gerakan paralaks
Ini adalah gaya populer lain dari permainan 2D, menggunakan grafis 2D tetapi dengan kamera perspektif untuk mendapatkan efek gulir parallax. Ini adalah adegan gaya-teater "kardus", di mana semua grafis datar, tetapi diatur pada jarak yang berbeda dari kamera. Kemungkinan besar mode 2D akan sesuai dengan perkembangan Anda dalam kasus ini. Namun, Anda harus mengubah mode proyeksi Kamera Anda ke Perspektif dan mode tampilan Adegan ke 3D .
Adegan di atas dari One Point Six Studio .

Gaya lainnya

Anda mungkin memiliki rencana untuk proyek yang sesuai dengan salah satu uraian di atas, atau Anda mungkin memiliki sesuatu yang sama sekali berbeda atau unik dalam pikiran. Apa pun rencana Anda, semoga di atas akan memberi Anda gambaran tentang mode mana untuk memulai Redaksi. Ingat, Anda dapat berganti mode kapan saja nanti.
Lihat Pengaturan Mode 2D dan 3D untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengubah mode 2D / 3D, dan temukan detail lebih lanjut tentang bagaimana mode berbeda.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Unreal Engine 4

PlayCanvas Mesin Game Berbasis Web Pertama

Jendela Proyek Unity