Mengunduh dan menginstal Unity

Unduh dan instal Unity Editor dari halaman unduh Unity . Halaman ini memberi Anda link unduhan Unity Installer untuk versi Unity rilis terbaru maupun versi Beta saat ini. Jika Anda memerlukan lisensi Unity Plus atau Pro, Anda harus terlebih dahulu mengkonfirmasi rincian untuk lisensi (jumlah porsi, rencana pembayaran, dll).

Halaman unduh Unity menyajikan Anda dengan opsi berikut:


Opsi Unity Download halaman
Pilihan Unity Download 
Pada halaman unduh Unity, pilih versi Unity Installer yang Anda inginkan.

Pemasang Unity

Penginstal Unity adalah program kecil yang dapat dijalankan (sekitar 1 MB) yang memungkinkan Anda memilih komponen Unity Editor yang ingin Anda unduh dan instal.
Jika Anda tidak yakin komponen mana yang ingin Anda instal, biarkan pilihan default, klik Lanjutkan , dan ikuti instruksi penginstal.


Pemasang Unity (biarkan komponen yang dipilih default jika Anda tidak yakin mana yang harus dipilih)
Pemasang Unity (biarkan komponen yang dipilih default jika Anda tidak yakin mana yang harus dipilih)
Catatan: Di PC ada juga opsi tambahan untuk Microsoft Visual Studio Community 2017.

Menginstal Unity tanpa pemasang Unity

Jika Anda mau, Anda dapat mengunduh dan menginstal semua komponen secara terpisah, tanpa menggunakan pemasang Unity. Komponennya adalah program dan paket penginstal normal yang dapat dijalankan, sehingga Anda mungkin merasa lebih mudah menggunakan penginstal, terutama jika Anda pengguna Unity baru. Beberapa pengguna, seperti mereka yang ingin mengotomatiskan penyebaran Unity dalam suatu organisasi, mungkin lebih suka menginstal dari baris perintah.

Menginstal Unity pada Windows dari baris perintah (cmd)

Jika Anda ingin mengotomatiskan penyebaran Kesatuan dalam suatu organisasi, Anda dapat menginstal Editor dari baris perintah.
Gunakan opsi berikut saat menginstal Editor dan komponen lain dari baris perintah pada Windows.
** Catatan: argumen baris perintah Installer bersifat case-sensitive.

Instalasi Unity Editor



/ S Melakukan instalasi diam (tanpa pertanyaan).
/ D = PATH Menetapkan direktori penginstalan default. Berguna saat dikombinasikan dengan opsi pemasangan diam. Folder default adalah  C: \ Program Files (x86) \ Unity (32-bit) atau C: \ Program Files \ Unity (64-bit)
Contoh:
 UnitySetup64.exe /S /D=E:\Development\Unity 
Contoh ini menginstal Unity secara diam-diam ke folder E: \ Development \ Unity, yang akan menjadi root dari instalasi Unity. Dalam hal ini, Editor dieksekusi akan diinstal di E: \ Development \ Unity \ Editor \ Unity.exe. Argumen / D harus terakhir dan tanpa tanda kutip, bahkan jika jalan mengandung spasi.

Unity Editor uninstall

Untuk melakukan uninstall diam, jalankan Uninstall.exe /S dari garis perintah atau skrip.
Catatan : Meskipun prosesnya selesai segera, dibutuhkan beberapa detik sebelum file benar-benar dihapus. Ini karena uninstaller disalin ke lokasi sementara agar dapat menghapus dirinya sendiri. Selain itu, pastikan direktori kerja tidak berada di dalam lokasi pemasangan Unity, karena tidak akan dapat menghapus folder jika ini yang terjadi.

Aktivasi Standar

Untuk menginstal Aset Standar secara diam-diam:
 UnityStandardAssetsSetup.exe /S /D=E:\Development\Unity 
Catatan : Jika menentukan folder, gunakan folder akar Unity (yaitu folder yang berisi folder Editor, dan bukan tempat Unity.exe diinstal).

Contoh Penginstalan proyek

Untuk menginstal Proyek Contoh secara diam-diam, gunakan:
 UnityExampleProjectSetup.exe /S /D=E:\Development\Unity 
Catatan : Folder default adalah C:\Users\Public\Documentation\Unity Projects\Standard Assets Example Project .

Menginstal Unity di OS X dari baris perintah

Installer Unity individu disediakan sebagai file .pkg, yang dapat diinstal menggunakan perintah installer , seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Instalasi Unity Editor

Untuk menginstal Editor ke dalam folder /Applications/Unity pada volume target yang ditentukan, masukkan:
 sudo installer [-dumplog] -package Unity.pkg -target / 

Aktivasi Standar

Untuk menginstal Aset Standar ke dalam folder /Applications/Unity/Standard Assets pada volume yang ditentukan, masukkan:
 sudo installer [-dumplog] -package StandardAssets.pkg -target / 

Contoh Penginstalan proyek

Untuk menginstal Proyek Contoh ke dalam folder /Users/Shared/Unity/Standard-Assets pada volume yang ditentukan, masukkan:
 sudo installer [-dumplog] -package Examples.pkg -target / 

Unduh Torrent

Jika Anda lebih suka mengunduh Unity melalui klien BitTorrent, Anda dapat mengunduh tautan torrent dari halaman arsip unduh Unity . Tidak semua versi memiliki unduhan torrent. Jika versi tersedia untuk diunduh sebagai torrent, opsi ini disajikan sebagai unduhan Torrent (Win + Mac) di menu dropdown Unduhan .


Mengunduh Unity menggunakan Torrent
Mengunduh Unity menggunakan Torrent

Menginstal beberapa versi sekaligus

Anda dapat menginstal banyak versi Unity sesuka Anda di komputer yang sama.
Di Mac, penginstal membuat folder bernama Unity , dan menimpa folder yang ada dengan nama ini. Jika Anda ingin lebih dari satu versi Unity di Mac Anda, ganti nama folder Unity yang ada sebelum menginstal versi lain.
Pada PC, folder instal selalu bernama Unity XYZ [fp] W , di mana 'f' adalah untuk rilis resmi, dan 'p' digunakan untuk menandai rilis patch.
Kami sangat menyarankan bahwa jika Anda mengganti nama folder Unity, Anda menamai folder baru secara logis (misalnya, tambahkan nomor versi ke bagian akhir nama). Perhatikan bahwa pintasan, alias, dan tautan yang ada ke dokumen offline mungkin tidak lagi mengarah ke versi lama Unity. Ini bisa sangat membingungkan dengan dokumen luring; jika Anda tiba-tiba menemukan bahwa bookmark browser ke dokumen offline tidak berfungsi lagi, kemudian periksa apakah mereka memiliki nama folder yang tepat di URL.

Menerapkan Unity offline

Asisten Unduhan Unity mendukung penerapan offline. Ini memungkinkan Anda mengunduh semua file yang diperlukan untuk menginstal Unity, dan untuk menghasilkan skrip untuk mengulangi instalasi yang sama di komputer lain tanpa akses internet.

Persiapan

Jalankan Asisten Unduhan, dan instal Unity seperti biasa di satu komputer. Komputer ini harus memiliki ruang disk kosong yang cukup untuk mengunduh semua file. Klik tarik-turun dan pilih Custom, lalu pilih lokasi tempat Anda ingin mengunduh file.


Periksa Apakah Anda memiliki semua yang dibutuhkan

Buka file manager PC Anda, arahkan ke folder lokasi kustom yang Anda tentukan sebelumnya, dan cari file .sh atau .bat di dalam folder itu. Periksa isi file ini. Seharusnya terlihat mirip dengan contoh berikut:


Menyebarkan Unity ke komputer lain

Windows

  1. Salin seluruh folder ke PC target Windows, dan jalankan file .bat disediakan.
  2. Untuk menghindari prompt Windows UAC, jalankan install.bat dari shell Administrator. Di menu Start , cari cmd.exe , klik kanan, dan pilih Run as administrator .
  3. Arahkan ke folder dengan skrip. Ini biasanya akan ada di folder Downloads Anda ( cd C:\Users\[YourName]\Download\UnityPackages ).

Mac

  1. Salin seluruh folder ke mesin Mac OS X target, dan jalankan file .sh . Jalankan sudo install.sh .
  2. Arahkan ke folder dengan skrip. Ini biasanya ada di folder Unduhan Anda ( cd ~/Downloads/UnityPackages ).
  3. Anda dapat mengulang instruksi ini sebanyak yang Anda perlukan untuk setiap komputer yang ingin Anda instal Unity.
 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Unreal Engine 4

PlayCanvas Mesin Game Berbasis Web Pertama

Jendela Proyek Unity