Apa Itu Unity

Unity adalah mesin permainan lintas platform yang dikembangkan oleh Unity Technologies , [2] yang terutama digunakan untuk mengembangkan video game tiga dimensi dan dua dimensi serta simulasi untuk komputer , konsol , dan perangkat seluler . Pertama kali diumumkan hanya untuk OS X di Konferensi Pengembang Seluruh Dunia Apple pada tahun 2005, sejak itu telah diperpanjang untuk menargetkan 27 platform. [3] [4] Enam versi utama Unity telah dirilis.
unity icon
sumber: https://unity3d.com


Ikhtisar

Unity adalah mesin permainan multiguna yang mendukung grafik 2D dan 3D , fungsionalitas drag-and-drop dan scripting menggunakan C # . Dua bahasa pemrograman lainnya didukung: Boo , yang sudah ditinggalkan dengan rilis Unity 5  dan JavaScript yang memulai proses depresiasi pada bulan Agustus 2017 setelah rilis Unity 2017.1. 
Mesin menargetkan API grafik berikut: Direct3D pada Windows dan Xbox One; OpenGL di Linux, macOS, dan Windows; OpenGL ES di Android dan iOS; WebGL di web; dan API kepemilikan di konsol permainan video . Selain itu, Unity mendukung API Logam tingkat rendah di iOS dan macOS dan Vulkan di Android, Linux, dan Windows, serta Direct3D 12 di Windows dan Xbox One.
Dalam permainan 2D, Unity memungkinkan impor sprite dan penyaji dunia 2D canggih. Untuk game 3D, Unity memungkinkan spesifikasi kompresi tekstur , mipmaps , dan pengaturan resolusi untuk setiap platform yang didukung oleh gim, [3] dan menyediakan dukungan untuk pemetaan gundukan , pemetaan pantulan , pemetaan paralaks , ruang layar ambient oklusi (SSAO), dinamis bayangan menggunakan peta bayangan , efek pemrosesan pasca-pemrosesan render-ke-tekstur dan layar penuh. Kesatuan juga menawarkan layanan untuk pengembang, ini adalah: Unity Ads, Unity Analytics, Unity Certification, Unity Cloud Build, Unity Everyplay, Unity IAP, Unity Multiplayer, Unity Performance Reporting, dan Unity Collaborate.
Unity mendukung pembuatan custom vertex, fragment (atau pixel), tesselation, compute shaders dan shading permukaan Unity sendiri menggunakan Cg , versi modifikasi dari High-Level Shading Language Microsoft .

Platform yang didukung

Unity mendukung pembangunan ke 27 platform yang berbeda. Platform tersebut tercantum sebagai berikut: iOS , Android , Tizen , Windows , Platform Windows Universal , Mac , Linux , WebGL , PlayStation 4 , PlayStation Vita , Xbox One , Wii U , 3DS , Oculus Rift , Google Cardboard , Steam VR , PlayStation VR , Gear VR , Windows Mixed Reality , Daydream , Android TV , Samsung Smart TV , tvOS , Nintendo Switch , OS Api , Facebook Gameroom, Apple ARKit, Google ARCore, dan Vuforia .
Unity sebelumnya mendukung tujuh platform lain termasuk Unity Web Player sendiri. Unity Web Player adalah plugin browser yang didukung di Windows dan OS X saja yang telah ditinggalkan untuk mendukung WebGL .
Unity adalah kit pengembangan perangkat lunak standar (SDK) untuk platform konsol video game Nintendo Wii U , dengan salinan gratis yang disertakan oleh Nintendo dengan setiap lisensi pengembang Wii U. Unity Technologies menyebut bundling SDK pihak ketiga ini sebagai "industri pertama". 

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Unity_(game_engine) 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Unreal Engine 4

PlayCanvas Mesin Game Berbasis Web Pertama

Jendela Proyek Unity